Sunday, May 1, 2016

SISI LAIN PERTAPAAN GUNUNG KAWI

     Relief Tantri yang terletak di Pertapaan Gunung Kawi Bebitra. Daerah ini terletak di Desa Bitera, Kabupaten Gianyar. bantuan ini menceritakan tentang hubungan persahabatan antara Singa pinggala dan Lembu Nandaka.

Pada yang terakhir hubungan persahabatan ini terganggu oleh Anjing Sembada. Hal ini dapat dilihat dari karakter yang melengkung dalam bentuk singa, sapi dan anjing.

Penelitian ini diperoleh untuk mengetahui fungsi dan makna simbolik dari relief Tantri di Pertapaan Gunung Kawi Bebitra. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif sehingga menyelidiki masalah ini digunakan beberapa teori, yaitu: fungsi teori dan teori semiotika, sementara ada beberapa teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data, yaitu: observasi, wawancara, studi pustaka, Setelah itu digunakan juga beberapa analisis, yaitu: analisis kualitatif, analisis simbol, dan analisis banding.

Hasil penelitian yang digunakan untuk mengetahui bahwa fungsi bantuan Tantri di Pertapaan Gunung Kawi Bebitra memiliki dua fungsi, yaitu: estetika fungsi dan fungsi agama, dan makna simbolik tentang bantuan Tantri di Pertapaan Gunung Kawi Bebitra dijelaskan tentang cemburu, persahabatan, dan marah. Hal ini dapat dilihat dari cerita dan panil bantuannya.
(Handoko K )

0 komentar:

Post a Comment