Tuesday, May 3, 2016

Gunung Api dan Peradaban

Indonesia punya banyak gunungapi aktif dan saat meletus bisa sangat menghancurkan seperti letusan G Toba 74 000 th SM telah menimbulkan kepunahan sebagian dari malhluk hidup, kemudian G Tambora 1815 mengakibatkan musim dingin berkepanjangan di negara negara Eropa, trus G Krakatau 1883 yg diikuti tsunami yg besar dst dst. Di Eropa ada G Vesivius 79 SM yang mengubur kota Pompeii dan menghilangkan dari peta.

Di Jogjakarta G Merapi telah memendam  candi padahal jaraknya puluhan km dari puncak G Merapi, seperti Candi Sambisari, Candi Kedulan dll. Terakhir ditemukan candi Kimpulan di Kampus UII Jogjakarta

Letusan G Vesuvius yang mengubur Kota Pempeii dan penghuninya tidak sempat lari sehongga mereka tercetak menjadi patung patung.

Mungkinkah Majapahit hancur/terpendam karena letusan G Kelud atau G Penanggungan atau karena Banjir K Brantas? Kita semua tahu bahwa Kerajaan Majapahit seperti "sirno ilang kertanin bumi" hilang amblas tertelan bumi dan penemuan situs sebagian besar terpendam dalam tanah.
( Amin W )

0 komentar:

Post a Comment